Malaysia Kini

Berita Viral Terkini Di Malaysia

Resep Nasi Goreng Mafia Rempah Spesial Mudah

Cara Membuat dan Memasak Resep Nasi Goreng Mafia Ala Bumbu Restaurant - Lagi tidak punya waktu banyak atau lagi agak malas membuat masakan buat menu keluarga di rumah? Hal ini memang sangat wajar sekali dan saya pun sering mengalaminya, tetapi tetap saja kita harus mempersiapkan menu masakan buat makan keluarga di rumah bukan. Dalam situasi seperti ini, biasanya saya membuat masakan yang cukup sederhana tetapi tetap nikmat dan lezat rasanya. Salah satu resep masakan Indonesia yang mudah dibuat dan praktis adalah resep nasi goreng mafia. Resep nasi goreng ini dikenal juga dengan nasi goreng rempah karena memang lebih banyak menggunakan bumbu rempah rempah asli Indonesia dibandingkan dengan resep masakan nasi goreng Jawa, kampung ataupun jenis lainnya. Dengan menggunakan bumbu nasi goreng mafia yang berasal dari berbagai macam rempah alami khas negara kita, kita bisa membuat nasi goreng spesial yang berbeda untuk hidangan di rumah. Selain itu kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan waktu karena cara membuat nasi goreng mafia ini juga cukup mudah dan gampang diikuti, walaupun buat seorang pemula sekalipun.

Buat teman teman yang hobi makan pedas dan tinggal di kota besar, pasti sudah mengenal nasi goreng mafia ini. Ya, nasi goreng mafia pertama kali ada di daerah Bandung dan dengan cepat menjadi resep masakan yang digemari di kota kota lainnya, seperti Jakarta, Bekasi, Jogya, Semarang, Surabaya dan lainnya. Menurut informasi dari teman, kata mafia ini berarti MAkanan FAvorit Indonesia dan ternyata memang benar karena dengan cepat mendapat hati dan digemari banyak orang. Apalagi dengan harga mulai Rp.10.000, nasi goreng enak ini dengan cepat mendapat hati dan penggemar di kota kota tersebt.

Rasanya yang cukup pedas (biasanya bisa dipilih tingkat kepedasan yang diinginkan) dengan bumbu nasi goreng mafia yang spesial, memang resep masakan ini menawarkan sensasi dan citarasa yang unik dibandingkan dengan nasi goreng Jawa, Aceh, Mawut atau lainnya. Apalagi kalau resep nasi goreng mafia ini ditambah dengan ayam, sosis, ati ampela atau lauk lainnya, yummy pasti menambah enak dan lezatnya.

Selain kaya dengan bumbu rempah, salah satu ciri khas masakan ini adalah rasanya yang pedas dan menggelegar di mulut. Walaupun cara membuat nasi goreng mafia ini sama dengan yang lain, tetapi bumbu nasi gorengnya yang menggunakan berbagai macam rempah dan cabai memang membuatnya spesial di hati penggemarnya. Sebenarnya cara memasak resep nasi goreng mafia ini tidak berbeda jauh dengan resep masakan lainnya. Kekuatan dan kelebihannya terletak pada bumbu yang komplit dan lebih berani dibandingkan nasi jenis lainnya, seperti kencur, tauco, temulawak, pala, laos dan bumbu yang lainnya. Buat yang sudah tidak sabar mencicipi, silahkan melihat bumbu apa saja yang diperlukan beserta cara mudah memasaknya dibawah ini.

Bahan bahan Resep Nasi Goreng Mafia Spesial

  1. Seperti resep nasi goreng lainnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah nasi putih dingin kurang lebih sebanyak 400 gram saja. Gunakan nasi putih yang tidak lembek dan sedikit pera supaya hasilnya nanti sempurna.
  2. Telur ayam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1-2 butir.
  3. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 lembar saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
  4. Daun kemangi segar yang sudah dicuci bersih kurang lebih sebanyak 4-5 lembar saja.
  5. Kayu manis untuk memperkuat aromanya kurang lebih sepanjang 3 cm saja.
  6. Minyak samin secukupnya untuk menumis bumbu nasgornya atau kurang lebih sebanyak 80ml-110 ml saja.
  7. Buah ketimun segar yang sudah dikupas dan dipotong secukupnya (bahan pelengkap).
  8. Daun selada segar yang sudah dicuci bersih secukupnya (bahan pelengkap).
  9. Kerupuk secukupnya (bahan pelengkap).
  10. Acar secukupnya kalau suka (bahan pelengkap).

Bumbu Nasi Goreng Mafia Rempah

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs. Kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja. Kupas kulit luarnya juga dan potong menjadi beberapa bagian.
  3. Cengkeh kurang lebih sebanyak 3 pcs saja.
  4. Kunyit halus atau bubuk secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
  5. Jintan bubuk kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  6. Kapulaga kurang lebih sebanyak 3 pcs saja.
  7. Buah cabai rawit sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-6 buah.
  8. Buah cabe merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-4 pcs.
  9. Kecap manis kental kualitas bagus secukupnya sesuai selera.
  10. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  11. Gula pasir putih kalau diperlukan.

Cara Mudah Membuat Nasi Goreng Rempah ala Bumbu Mafia

  1. Langkah pertama haluskan berbagai bumbu nasi goreng diatas, seperti kapulaga, bawang merah, bawang putih, buah cabai, kunyit, garam dan lainnya sampai halus. Sebaiknya dihalus dengan cara manual atau diuleg supaya aromanya nanti lebih keluar.
  2. Siapkan wajan penggorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak samin secukupnya untuk menumis bumbunya.
  3. Masukkan bumbu nasi goreng yang sudah dihaluskan diatas dan aduk aduk sebentar.
  4. Masukkan daun kemangi dan 3cm kayu manisnya ke dalam penggorengan dan aduk aduk kembali sampai rata dan tercium bau harum khas tumisan bumbunya.
  5. Masukkan nasi putih yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam penggorengan dan aduk aduk kembali sampai semua bagian tercampur rata.
  6. Tuang kecap manis dan aduk aduk kembali sampai rata dan matang. Jangan lupa cicipi dahulu dan tambahkan garam dapur atau gula pasir kalau diperlukan kemudian matikan apinya.
  7. Siapkan penggorengan dan goreng telur ayam sampai matang.
  8. Ambil piring dan tuang nasi goreng dengan diberi telur diatas dan bahan pelengkap lainnya lalu sajikan.
Ternyata cara membuat nasi goreng ala resep mafia diatas cukup mudah bukan. Walaupun rasanya tidak sama persis dengan resturan nasi goreng mafia yang sebenarnya (tentu saja mereka punya bumbu rahasia), tetapi resep masakan diatas tidak kalah enak dan lezat bukan. Asalkan bumbu nasi gorengnya lengkap, kita bisa memasak nasi goreng mafia sendiri di rumah tanpa harus repot repot keluar rumah. Apalagi kalau kita tidak punya banyak waktu, resep nasi goreng mafia spesial diatas walaupun namanya terdengar cukup seram tetapi bisa menjadi alternatif lain untuk menu andalan keluarga.