Malaysia Kini

Berita Viral Terkini Di Malaysia

Resep Lasagna Panggang Praktis Serta Saus Bolognese

Resep Lasagna Bolognese Panggang Khas Italia Beserta Cara Mudah Membuat Kulitnya - Sebenarnya negara kita sudah punya segudang resep masakan yang enak enak, mulai dari yang berbahan daging, ayam, ikan, sayuran, tepung atau lainnya. Tetapi untuk mengatasi kebosanan, tidak ada salahnya bukan kalau kali ini kita akan mencoba salah satu resep yang cukup populer yang berasal dari negara Italia, yaitu lasagna. Ya, resep lasagna sebenarnya bisa kita kreasikan dengan sayuran, jamur, ayam atau yang lainnya. tetapi di resep masakan lasagna praktis panggang yang akan kita buat kali ini menggunakan daging cincang dan saus bolognese yang rasanya sangat menggigit di lidah. Selain itu, kita juga akan memberikan cara mudah membuat resep kulit lasagna sehingga kita tidak perlu keluar rumah untuk membelinya.

Saat ini, resep masakan dari Italia ini sedang menjadi trend dan mempunyai banyak penggemar di negara kita. Ya, selain pizza dan spagheti yang sudah mendapat hati di masyarakat kita, lasagna panggang ini sekarang juga banyak diburu penggemar kuliner di negara kita. Walaupun sebenarnya harganya cukup mahal buat kebanyakan orang, tetapi karena rasanya yang khas dan lezat, harga menjadi no 2 dan tidak terlalu menjadi pertimbangan buat penggemarnya. Tidak seperti pizza yang juga dari Italia yang sekarang dengan mudah bisa kita temukan dan beli di pinggir jalan, resep lasagna panggang ini sedikit susah ditemukan. Biasanya kita bisa menemukan dan membelinya hanya di restauran restauran terkenal yang ada di mal mal saja. Untuk itu, kalau kita bisa membuat sendiri resep lasagna panggang Italia dengan saus putih ini tentunya lebih gampang dan tidak perlu repot repot keluar rumah bukan.

Tentu saja, karena pada dasarnya lasagna memang bukan dari Indonesia, bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep masakan lasagna mungkin sedikit berbeda dan agak jarang dijumpai. Bisa saja kita menghilangkan bahan makanan basil atau oreganonya, tetapi tentu saja rasanya nanti akan berbeda dan rasa khas Italianya akan hilang. Untuk yang tidak mau ribet, kita bisa membeli kulit lasagna yang sudah jadi dan nanti tinggal membuat sausnya. Tetapi buat teman teman yang ingin bisa membuat kulit lasagnanya juga, dibawah kita sertakan cara membuat dan bahan bahan yang dibutuhkan. Untuk selengkapnya, silahkan melihat bahan bahan dan cara membuat resep lasagna panggang ala Italia dibawah ini.

Bahan bahan Resep Masakan Lasagna dan Kulitnya

  1. Tepung terigu protein sedang kurang lebih sebanyak 75 gram. Ayak dahulu sebelum digunakan (bahan kulit).
  2. Kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan kurang lebih sebanyak 75 gram saja (bahan kulit).
  3. Susu cair kurang lebih sebanyak 200 ml (bahan kulit).
  4. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih 0.5 sendok kecil saja (bahan kulit).
  5. Telur ayam ukuran sedang besar 1 butir saja (bahan kulit).
  6. Keju cheddar yang sudah diparut secukupnya untuk taburan bagian atasnya.

Bahan bahan Resep Saus Bolognese Daging

  1. Bahan utama daging giling yang segar kurang lebih sebanyak 300 gram saja.
  2. Bawang bombay ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1.5 buah. Kupas kulitnya lalu potong potong kecil / cincang sampai halus.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Kupas kulit luarnya lalu cincang kecil kecil halus supaya aromanya keluar.
  4. Tomat pasta kualitas bagus kurang lebih sebanyak 4-5 sendok makan saja.
  5. Tomat segar kurang lebih sebanyak 300 gram saja. Rebus tomat sampai kulit luarnya terkelupas lalu buang kulitnya dan cincang kasar.
  6. Kaldu daging instan kurang lebih sebanyak 150 gram saja. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
  7. Basil kurang lebih sebanyak 1 1/2 sendok kecil saja.
  8. Oregano kurang lebih sebanyak 1 1/2 sendok kecil saja.
  9. Merica halus atau bubuk secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  10. Garam dapur beryodium sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  11. Gula pasir putih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3/4 sendok kecl saja.
  12. Minyak zaitun secukupnya untuk menumis bumbunya atau kurang lebih sebanyak 2-3 sendok makan.

Bahan bahan Saus Keju Bolognese yang Gurih dan Lezat

  1. Susu cair kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1/4 liter saja. Bisa diganti dengan 2 sendok makan susu bubuk lalu diberi air dan diaduk sampai 250 ml.
  2. Tepung tergu berprotein sedang kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  3. Keju chedar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 30 gram – 50 gram saja. Parut keju terlebih dahulu.
  4. Merica bubuk atau halus kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja. Bisa dihilangkan atau dikurangi sesuai selera.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
  6. Margarin kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.

Cara Membuat Lasagna Italia Panggang Mudah Cepat

  1. Langkah pertama kita membuat kulit lasagnanya.
  2. Ambil satu wadah adonan lalu masukkan kentang, tepung terigu, telur ayam dan garam dapurnya lalu aduk aduk dan campur sampai semua bagian rata.
  3. Tuang sedikit susunya lalu aduk aduk dengan bahan lain tercampur rata. Ulangi sampai susu cairnya habis.
  4. Ambil wajan teflon dan tuang adonan diatas tipis saja dan masak dengan api kecil sampai matang (seperti membuat telur dadar). Ulangi sampai habis lalu sisihkan.
  5. Langkah kedua membuat saus bolognese dagingnya.
  6. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak zaitun atau minyak goreng secukupnya.
  7. Masukkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang halus dan aduk aduk sampai layu dan tercium bau harum.
  8. Masukkan daging gilingnya ke dalam penggorengan lalu aduk aduk supaya tercampur rata sampai daging harum dan berubah warna.
  9. Masukkan pasta tomat, garam dapur, merica bubuk dan kaldunya lalu aduk aduk kembali sampai tercampur rata.
  10. Masukkan tomat yang sudah dicincang dan potong potong kecil kedalamnya lalu aduk aduk kembali samapi matang dan masakan agak menyusut.
  11. Terakhir taburkan basil dan oreganonya lalu aduk aduk sebentar sampai rata kemudian matikan dan diamkan sampai dingin.
  12. Langkah ketiga kita membuat saus keju putihnya.
  13. Siapkan penggorengn dengan api kecil dan beri maragarin lalu aduk aduk sampai margarinnya meleleh dan cair.
  14. Masukkan tepung terigu yang sudah dipersiapkan dan aduk aduk cepat supaya tepung tidak membetuk gumpalan dan tercampur sempurna. Aduk aduk sampai tepung berubah warna menjadi agak kecoklatan.
  15. Tuang susu cairnya sedikit sambil diaduk aduk supaya tercampur rata dan tidak ada gumpalan dan mengental. Setelah tercampur sempurna, ulangi langkahnya sampai susu habis.
  16. Atur api sedikit lebih besar lalu masukkan sisa bahannya, seperti keju parut, garam dapur dan mericanya. Masak sambil diaduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dan sausnya mengental. Angkat dan sisihkan.
    Langkah terakhir adalah proses pembuatan lasagnanya.
  17. Panaskan oven dengan suhu sekitar 170 derajat – 175 derajat.
  18. Ambil loyang dan olesi sedikit dengan margarin. Letakkan kulit lasagnanya di bagian bawah (kalau loyangnya besar bisa memakan 2 kulit supaya tertutup semua bagian loyangnya.
  19. Ambil sebagian saus dagingnya dan tuang diatasnya lalu tuang sebagian saus putihnya dan kemudian beri parutan keju secukupnya.
  20. Ambil kulit lasagnanya lagi dan tutupkan ke loyang diatas. Beri secukupnya saus daging, saus putih dan keju parutnya. Ulangi sampai habis atau kurang lebih 3-4 lapisan. Lapisan terakhir bagian atasnya tidak perlu ditaburi keju, karena nanti akan ditaburi saat sudah dipanggang setengah matang supaya tekstur kejunya tidak terlalu hancur.
  21. Panggan di dalam oven sampai setengah matang atau kira kira selama 20 menit. Sebaiknya menggunakan api atas bawah supaya matangnya bisa merata.
  22. Keluarkan dan taburi bagian atasnya dengan parutan keju lalu panggang lagi sampai matang, parutan keju lumer dan lasagnanya berwarna kecoklatan.
  23. Keluarkan dari oven dan tunggu sampai dinging dulu baru boleh dipotong supaya teksturnya tidak hancur.
Selesai sudah cara membuat lasagna panggang dengan saus bolognese dan keju parutnya. Kelihatannya cukup ribet dan susah ya, tetapi kalau sudah dikerjakan dan diikuti step stepnya cukup mudah kok. Memang lebih praktis kalau membelinya langsung, tetapi kalau kita punya waktu luang dan ingin membuat makanan yang spesial buat keluarga atau ada keponakan yang datang, tidak ada salahnya kita memasak resep lasagna panggang prakstis ini di rumah. Selain itu tentu jauh lebih hemat bukan sehingga uangnya bisa dipakai untuk keperluan yang lain.